You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Sudinkes Jakpus Minta Warga Tingkatkan Partisipasi Berantas Sarang Nyamuk
.
photo doc - Beritajakarta.id

Warga Jakpus Diminta Tingkatkan PSN Mandiri

Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat, meminta warga untuk menggencarkan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) secara mandiri di lingkungan masing-masing.  

Warga juga punya kewajiban melakukan PSN mandiri.

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat, Rismasari mengatakan, PSN mandiri perlu digencarkan guna mengantisipasi penyebaran nyamuk aedes aegepty sebagai pemicu demam berdarah dengue (DBD).

Rismasari mengungkapkan, seja Januari hngga Juni 2024, angka kasus DBD di Jakarta Pusat mencapai 918 kasus. Khusus di awal Juni, terjadinya peningkatan kasus yang drastis.

Satpol PP Sosialisasikan Kembali Perda Pengendalian DBD ke Masyarakat

"Hingga 3 Juni, tercatat ada 893 kasus. Namun, pada 6 Juni meningkat 25 kasus jadi total 918," beber Rismasari, Jumat (7/6).

Dari keseluruhan kasus DBD di Jakarta Pusat, jelas Risma, kejadian terbanyak di wilayah Kecamatan Kemayoran ada 264 kasus dan paling kecil di Kecamatan Gambir 22 kasus.

Untuk mengatasi peningkatan kasus itu, Risma mengaku telah mendorong para kader juru pemantauan jentik (Jumantik) menggencarkan PSN ke lingkungan pemukiman warga, sekolah, tempat ibadah dan lokasi umum.  

Penggencaran PSN ini bahkan telah rutin dilaksanakan minimal dua kali. Namun diakuinya, upaya kader Jumantik tidak akan maksimal tanpa dukungan masyarakat yang melakukan PSN secara mandiri.

"Saya berharap masyarakat lebih perduli. Karena rumah yang dihuni adalah tanggung jawab dari penghuni itu sendiri melakukan PSN secara mandiri," tegasnya.

Hal senada ditegaskan Kepala Puskesmas Kecamatan Johar Baru, Arif Wahyudi. Dia menyatakan, upaya pencegahan DBD merupakan tanggung jawab semua pihak untuk mensukseskan gerakan satu rumah satu kader mandiri.

"Warga juga punya kewajiban melakukan PSN mandiri. Fungsi kader nanti akan membantu dan melakukan pelaporan," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Asyik, Besok Tarif Transjakarta, MRT dan LRT Jakarta Cuma Rp 1

    access_time04-10-2024 remove_red_eye2397 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Satu Unit Bus Sekolah Bantu Layani Antar Jemput Atlet Peparnas Solo

    access_time08-10-2024 remove_red_eye1224 personNurito
  3. Kebakaran Lapak Pengepul Barang Bekas di Pegadungan Berhasil Dipadamkan

    access_time02-10-2024 remove_red_eye1147 personTP Moan Simanjuntak
  4. Arsip Satu Abad Sitor Situmorang Dipamerkan di PDS HB Jassin

    access_time02-10-2024 remove_red_eye1111 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Jakarta Mengalami Deflasi pada September 2024

    access_time02-10-2024 remove_red_eye1060 personAldi Geri Lumban Tobing